Monday, September 2, 2019

Menulis Proposal Skripsi Susah? Kamu Perlu Membaca Ini

Proposal Skripsi

Mahasiswa semester akhir sering kali dihadapkan pada satu persoalan pelik. Persoalan ini bahkan kadang terlihat mencekam dan menakutkan. Apa lagi kalau bukan merancang proposal penelitian skripsi.

Menulis proposal penelitian skripsi, bagi sebagian orang masih merupakan pekerjaan berat. Ada banyak orang yang kesulitan mengenai hal ini. Ini tentu tidak baik karena dapat menghambat proses kelulusanmu.

Semakin lama penulisan proposal skripsi, semakin lama pula skripsimu akan terselesaikan. Padahal, proposal skripsi ini sangat penting adanya. Tak jadi soal nanti skripsimu akan menjadi seperti apa, namun yang jelas, kamu harus punya proposal skripsi dulu.  

Satu hal yang harus kamu ingat, tidak ada proposal skripsi yang sempurna. Nanti pasti akan ada cacatnya.  

Salah satu masalah banyak orang ketika menulis proposal skripsi adalah obsesi mereka untuk melakukan penelitian yang revolusioner, berpengaruh besar pada pembaca, memiliki topik yang tidak sederhana dan kaya dengan riset dan sumber yang mumpuni.  

Lantas apa hasilnya? 

Biasanya begini, 

Proposal yang seharusnya bisa selesai dalam waktu satu bulan terkatung-katung sampai satu semester. Padahal sebenarnya dosen pembimbing pun tidak keberatan jika mahasiswanya mengajukan topik penelitian yang lebih sederhana.

Obsesi berlebihan pada proposal skripsi yang sempurna itu tidak baik. Bahkan usaha terbaikmu sekalipun akan tetap selalu menyisakan belasan lubang menganga yang baru terlihat setelah kamu sidang proposal skripsi dan menerima keputusan dari dosen penguji.  

Ilmu pengetahuan selalu berkembang. Proposal skripsi cukuplah kamu anggap sebagai suatu usaha untuk memotret perkembangan terakhir ilmu pengetahuan yang kamu geluti. 
Kamu tidak perlu menjadi pahlawan dengan proposal skripsimu. Kamu tidak perlu berambisi mendapatkan penghargaan tinggi atas proposal skripsimu. Belum saatnya. 

Kamu mahasiswa di tingkat pertama. Nanti setelah ini, jika kamu ingin melanjutkan kuliah lagi, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan penelitian yang lebih baik lagi.  Untuk saat ini, pikirkan satu hal yang paling penting untuk kamu kejar: LULUS. 

So, kerjakanlah proposal skripsi kamu dengan segera!

Kamu masih juga kesulitan? 

Konsultasikan dengan kami! Kami siap membantu Anda.